MERENCANAKAN KEBUTUHAN PELANGGAN

   


  Perencanaan yang matang merupakan langkah awal yang harus diambil karena ada penentuan baik buruknya hal yang akan diambil ke depannya berikut ini beberapa langkah yang dan perencanaan bisnis untuk konsumen atau pelanggan di bidang teknik jaringan komputer dan telekomunikasi

1. Mengenal pelanggan atau konsumen

     Pelanggan merupakan individu atau kelompok orang yang membeli produk yang dihasilkan dari pemasaran atau dijual oleh produsen biasanya pelanggan tidak hanya membeli sekali tetapi dapat berkali-kali konsumen merupakan setiap orang yang menggunakan barang atau jasa yang pada masyarakat atau lingkungan sekitarnya baik untuk kebutuhan pribadi maupun orang banyak selain itu ada istilah distributor dan produsen distributor merupakan konsumen yang membeli produk untuk dijual kembali hal ini sering disebut pengecer produsen dalam kehidupan ekonomi bisnis merupakan sekelompok orang atau individu yang melakukan kegiatan produksi berupa barang atau jasa

2. Analisis kebutuhan pelanggan

     Menganalisis kebutuhan pelanggan sangat penting dalam bisnis analisis kebutuhan pelanggan digunakan untuk mengetahui kebutuhan atau perilaku konsumen untuk pelanggan tujuannya untuk mengetahui secara pasti apa yang mereka butuhkan konsumen merupakan pilar penting dalam bisnis oleh karena itu kita perlu menjalin hubungan baik dengan konsumen agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan mampu bersaing dengan bisnis lainnya analisis kebutuhan pelanggan akan membantu pengetahuan kebutuhan konsumen atau pelanggan bila kita sebagai pengusaha dapat mengambil langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut sepertinya memproduksi sesuatu yang dibutuhkan konsumen atau pasar saat itu

       Berikut ini alasan pentingnya menganalisis kebutuhan pelanggan sehingga kita dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen juga bisnis kita dapat berjalan dengan baik dan kompetitif

a. Pastinya mendapatkan dengan menganalisis kebutuhan pelanggan perilaku bisnis dapat mengidentifikasi dan menciptakan produk dan layanan yang sesuai jika produk dan jasa yang diberikan sejak kebutuhan konsumen maka konsumen juga menunjukkan ketarikan yang besar terhadap kita

b. Jika kita mengetahui kebutuhan konsumen maka kita akan memiliki dorongan untuk memproduksi barang atau jasa harapannya agar ketika keputusan konsumen yang sudah disiapkan dapat menarik minatnya

c. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan kita dapat fokus untuk meningkatkan kualitas barang dan jasa yang diberikan kepada pelanggan atau konsumen dengan kualitas yang baik jadi konsumen lebih mempercayai kita

    Beberapa poin di atas merupakan hal penting yang dapat diambil dari analisa kebutuhan pelanggan selain itu hal yang lain yang penting adanya perilaku perusahaan yang tidak mengembangkan strategi pasar yang digunakan untuk bisnis dengan demikian kita dapat mempersiapkan sedikit-sedikit kebutuhan masyarakat

    Berdasarkan analisis kebutuhan pelanggan di atas ada beberapa manfaat yang akan perilaku bisnis mendapatkan ketika melakukan analisis kebutuhan pelanggan hal ini diantaranya sebagai berikut


a. Pembisnis dapat menciptakan produk atau layanan yang sesuai dengan berkualitas tinggi hal ini dikarenakan mereka telah mengetahui kebutuhan pelanggan atau konsumen yang sulit dianalisanya

b. Pembisnis mendapatkan semangat untuk berbisnis dan menjadi pembisnis yang berkualitas

c. Pembimbing dapat mengembangkan usahanya ketika banyak orang membeli atau menggunakan jasanya

d. Pembisnis dapat menentukan target pasar yang akan dituju

e. Pembisnis dapat meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan produk atau jasa yang ditawarkan


You might also like

0 Comments