Salah satu bagian terpenting dari sebuah bisnis untuk mendapatkan pelanggan. Karena tipe pelanggan selalu melakukan pembelian uang dan memiliki potensi keuntungan terbesar berulang akan mendatangkan keuntungan bagi pembisnis atau perusahaan itulah sebabnya pebisnis atau perusahaan perlu mengetahui strategi implementasi bisnis dan indikator kepuasan pelanggan.
1. Mengenai strategi implementasi bisnis
Strategi implementasi bisnis merupakan
Implementasi strategi dalam tahapan manajemen strategi dalam bisnis strategi ini melibatkan penggunaan keterampilan manajemen administrasi dan persuasi dalam setiap tindakan yang akan dilakukan beberapa tujuan dari strategi implementasi bisnis antara lain mendapatkan umpan balik serta laporan kemajuan dari strategi atau rencana yang sudah dilakukan sesuai target rencana strategi bisnis biasanya mencakup langkah-langkah dan proses terperinci dilakukan untuk mencapai tujuan pada perusahaan atau instalasi selain menyiapkan strategi impelastisi bisnis pelaku bisnis juga harus menyiapkan rencana bisnis dan analisis bisnis dalam strategi implementasi bisnis ada rancangan dalam melakukan strategi implementasi bisnis perusahaan harus memasukkan beberapa rancangan dalam strategi implementasi bisnis yaitu sebagai berikut
a. cara mengembangkan kebutuhan pelanggan
Pelanggan merupakan inti dari operasi bisnis dan merupakan prioritas terbesar dalam merumuskan rancangan strategi dalam berbisnis
Untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan maka kita harus menganalisis terlebih dahulu kebutuhan pelanggan tersebut apabila sudah mengetahui apa yang pelanggan atau konsumen butuhkan maka kita dapat lebih optimal mempersiapkan atau mempertahankan pelanggan atas barang atau jasa yang perusahaan yang di berikan
c. Mengetahui cara untuk bersaing dengan bisnis lainnya
Persaingan dalam dunia bisnis akan selalu ada jadi kita harus mengetahui dan mengantisipasi persaingan di masa mendatang cara yang tepat dengan menerapkan strategi implementasi bisnis yang tepat pula jadi perusahaan memiliki kemampuan untuk merespon persaingan pasar secara tepat dan akurat
d. Siap Dengan perubahan pasar
Apapun dapat terjadi dalam hidup begitu juga dengan bisnis seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih bisnis juga harus bersaing dengan perusahaan yang akan terjadi di pasar
Misalnya kondisi atau tren pasar Baru karena adanya sejumlah faktor dapat mempengaruhi kinerja perusahaan oleh karena itu strategi yang dirumuskan sebelumnya juga dapat membantu perusahaan menghadapi perubahan pasar jadi kita harus selalu bekerja optimal dan bertahan dalam segala kondisi
Dalam melakukan strategi implementasi bisnis ada beberapa langkah antara lain sebagai berikut
a. Perusahaan harus mempersiapkan dan merumuskan strategi implementasi bisnis terhadap pertumbuhan bisnis yang akan terjadi di masa depan rumusan strategi harus sinkron atau sejalan dengan visi dan rencana saat membangun perusahaa
b. Perusahaan harus mengutamakan kepuasan pelanggan hal ini dikarenakan pelanggan merupakan prioritas utama dalam operasi bisnis
c. Perusahaan harus mengelola dengan baik dan tetap setiap bagian fungsional untuk meningkatkan kemampuan bisnisnya
Dalam pelaksanaan kegiatan bisnis maupun dalam proses implementasi strategi bisnis sangat mungkin timbul masalah biasanya masalah tersebut muncul karena proses implementasi strategi bisnis akan dirancang dan didefinisikan dengan baik hal ini dapat menimbulkan kebingungan dan ketidakpastian yang dapat menjadikan sumber mata dan kegagalan untuk mencapai visi yang dirancang
Oleh karena itu setiap orang dalam bisnis atau perusahaan harus ikut berperan dan mempersiapkan strategi implementasi bisnis yang baik selain itu karyawan perlu dilatih dengan baik agar proses bisnis di perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan sukses
2. Prosedur kepuasan pelanggan dan budaya mutu
Prosedur kepuasan pelanggan merupakan suatu tindakan atau serangkaian aksi yang dilakukan untuk memenuhi atau memberikan layanan barang atau jasa yang baik untuk pelanggan sebelum menerapkan prosedur kekuatan pelanggan kita perlu terlebih dahulu memahami analisa kebutuhan pelanggan analisa kebutuhan pelanggan sangat penting untuk membantu memenuhi kepuasan-kepuasan pelanggan kamu telah mengetahui dasar-dasar prosedur kepuasan pelanggan indikator kepuasan pelanggan untuk bisnis yang sudah berjalan yaitu seperti berikut
a. Produk yang berkualitas
Dalam bisnis untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan perusahaan harus memberikan produk yang berkualitas produk yang berkualitas akan memberikan kepuasan kepada pelanggan
b. Pelayanan yang berkualitas
Selain produk yang berkualitas dan layanan yang berkualitas jika produk yang disediakan perusahaan berkualitas baik dan pelayanan yang berkualitas maka pelanggan akan puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan perusahaan
c. Harga produk dan jasa
Biasanya pelanggan menginginkan harga yang murah perusahaan dapat memberikan harga yang terjangkau kepada pelayanannya juga menawarkan harga yang lebih tinggi apabila pelayanan dan produktivitas berkualitas baik
d. Kemudahan dalam mengakses produk dan saja
Misal kita ingin memberikan kemudahan bagi pelayanan atau mengakses atau menjangkau produk atau jasa yang ditawarkan kepuasan pelanggan mestinya dapat tercapai seperti dalam pembelian online ada layanan gratis ongkir dan pengiriman cepat atau memberikan jasa pastinya mendapatkan diskon ataupun khusus jasa Dan sebagainya
e. Cara iklan atau promosi produk
Selanjutnya ada indikator bagaimana mengiklankan atau mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan misalnya ingin beriklan di media sosial atau layanan promosi lainnya adapun untuk menghindari kekecewaan dari pelanggan selain jujur dan memiliki barang atau jasa yang berkualitas ada juga yang dapat memberikan kontribusi kepuasan pelanggan kita telah menjual barang atau jasa kepada pelanggan pastinya kita penasaran dengan reaksi pelanggan yang telah membeli produk atau jasa dari perusahaan berikut ini beberapa cara untuk menentukan kepuasan pelanggan
a. Perusahaan dapat menghubungi pelanggan kembali setelah membeli barang atau jasa misalnya menanyakan kualitas produk dan sebagainya
b. Perusahaan dapat mendengarkan kritik saran dan keluhan pelanggan yang sangat penting untuk mengetahui
0 Comments